Tugas 5 MDI FORM

TUGAS MDI FORM

 

Desain Utama Form :

1

Di form utama dalam menu windows ditambahkan 3 sub menu yaitu Cascade,tile Horizontal,Tile Vetical :

2

Kemudia buat 2 form tambahan :

Untitled

Dengan coding :

PublicClassForm2

 

PrivateSub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) HandlesMyBase.Load

Me.MdiParent = Form1

EndSub

EndClass

 

Untuk form 3 :

4

Dengan Coding :

PublicClassForm3

 

PrivateSub Form3_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) HandlesMyBase.Load

Me.MdiParent = Form1

EndSub

EndClass

 

Berikut Coding Keseluruhan pada Form 1 :

PublicClassForm1

PrivateSub Tugas1ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Tugas1ToolStripMenuItem.Click

Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileHorizontal)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

PrivateSub Latihan1ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Latihan1ToolStripMenuItem.Click

Form2.MdiParent = Me

Form2.Show()

EndSub

PrivateSub Latihan2ToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Latihan2ToolStripMenuItem.Click

Me.LayoutMdi(MdiLayout.Cascade)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

PrivateSub CascadeToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles CascadeToolStripMenuItem.Click

Me.LayoutMdi(MdiLayout.Cascade)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

PrivateSub TileHorizontalToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TileHorizontalToolStripMenuItem.Click

Me.LayoutMdi(Windows.Forms.MdiLayout.TileHorizontal)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

PrivateSub TileVerticalToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TileVerticalToolStripMenuItem.Click

Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileVertical)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

 

PrivateSub ToolStripMenuItem2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripMenuItem2.Click

Form2.MdiParent = Me

Form2.Show()

EndSub

PrivateSub ToolStripButton1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton1.Click

Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileVertical)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

PrivateSub ExitToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ExitToolStripMenuItem.Click

Me.Close()

EndSub

 

PrivateSub ToolStripButton2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton2.Click

Me.LayoutMdi(Windows.Forms.MdiLayout.TileHorizontal)

Form2.Show()

Form3.Show()

EndSub

EndClass

 

Berikut Program Ketika Di Run :

Cassade:

5

Tile Horizontal:

6

Tile Vertical :

7

Untuk Menu Ribbon ditambahkan dengan aplikasi penambah tool (DotNetBar)

8

One comment on “Tugas 5 MDI FORM

Leave a comment